Lima Program Studi FEB UNY Terakreditasi Secara Internasional

Sebanyak 25 peserta mengikuti upacara yudisium periode Maret 2023, Senin (3/4) lalu di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNY. Peserta dengan Indeks Prestasi Tertinggi sebesar 3,85 yaitu Arina Hibatal Maula dari Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2019. Yudisium menjadi acara resmi di mana para mahasiswa dianggap lulus secara akademik dan berhak menyandang gelar sesuai keilmuan masing-masing. Upacara yudisium dihadiri oleh para Ketua Departemen, Koordinator Program Studi, serta para pimpinan fakultas.

Dalam sambutannya, Dekan FEB UNY, Dr. Siswanto, M.Pd., menyampaikan ucapan selamat kepada para lulusan. “Anda telah resmi menjadi alumni. Oleh karena itu, jagalah nama baik fakultas sebagaimana Prasetya Alumni yang telah diucapkan tadi. IPK dan gelar hanya mengantarkan Anda sampai meja administrasi saja. Selebihnya adalah bagaimana Anda menunjukkan softskill Anda kepada kolega kerja Anda,” terangnya.Surat Keputusan Akreditasi dan Sertifikasi dari FIBAA

Selain itu, Siswanto juga mengabarkan bahwa FEB UNY juga baru saja mendapatkan akreditasi internasional. Sesuai dengan keputusan Komite Akreditasi dan Sertifikasi FIBAA (Foundation for Internasional Business Administration Accreditation) yang terbit pada 22 Maret 2023, lima program studi mendapatkan akreditasi FIBAA. Asesmen Lapangan oleh Komite Akreditasi dan Sertifikasi FIBAA telah dilaksanakan pada November 2022 lalu secara daring.

FIBAA adalah lembaga akreditasi internasional yang berpusat di Bonn, Jerman dan didirikan sejak tahun 1994. Fokus lembaga nirlaba ini adalah dalam rangka penjaminan dan pengembangan kualitas pendidikan tinggi. Dalam proses asesmen, FIBAA mengambil kriteria Objectives; Admission; Contents, Structure, Didactical concept, Employability; Academic Environment and Framework Conditions; dan Quality Assurance and Documentation. FIBAA telah diakui sebagai lembaga akreditasi internasional oleh pemerintah Indonesia dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 83/P/2020.

“Hal ini tentu patut menjadi motivasi bagi kita untuk lebih produktif dan berkualitas. Selain itu, kita juga perlu berterima kasih kepada berbagai pihak, salah satunya adalah para alumni. Oleh karena itu, tugas Anda di masa depan untuk melanjutkan kinerja yang baik dari para alumni. Kinerja yang baik dari para alumni yang disampaikan melalui tracer study dapat menjadi bahan masukan yang baik bagi fakultas,” lanjut Siswanto. (fdhl)