Pasca Libur Pandemi, FE UNY Terima Kunjungan Praktik SMK N 1 Yogyakarta

Setelah kurang lebih 2 tahun tidak menerima kunjungan laboratorium dikarenakan adanya pandemi Covid-19, kini Laboratorium Pendidikan Administrasi Perkantoran (PADP) Fakultas Ekonomi (FE) UNY kembali mendapat kunjungan dari pihak luar. SMK N 1 Yogyakarta melaksanakan Out Door Study ke UNY dalam rangka praktik pembelajaran di laboratorium PADP FE UNY 14 hingga 15 September lalu. Kunjungan tersebut dihadiri kurang lebih 136 orang yang dibagi dalam 2 sesi yaitu hari Rabu dan Kamis. Kunjungan diawali penyambutan oleh pihak PADP UNY yang disambut oleh Ketua Jurusan Pendidikan Administrasi Dr. Rosidah, M.Si. Para siswa beserta tujuh guru pendamping dibagi dalam kelompok kecil untuk melakukan kunjungan di Laboratorium Simulasi Perkantoran, Laboratorium Teknologi Perkantoran, dan Laboratorium Mengetik. 

Kelompok-kelompok kecil tersebut dipandu oleh para Asisten Laboratorium PADP untuk diarahkan menuju ruang lab yang nantinya akan diberikan penjelasan oleh dosen PADP FE UNY. Pada Laboratorium Simulasi Perkantoran yang dipandu oleh Yuliansah, S.Pd., M.Pd., para siswa mendapatkan kegiatan praktik penanganan surat masuk dan surat keluar, praktik rapat daring, serta praktik rapat luring. Peserta diberikan masing-masing peran yang diperagakan sesuai dengan lab sheet yang telah disediakan sehingga para peserta mendapatkan pengalaman seperti bekerja pada sebuah perusahaan. Kegiatan di Laboratorium Mengetik dipandu oleh Wahyu Rusdiyanto, S.Pd., M.M. dan Isti Kistiananingsih, S.Pd., sedangkan Laboratorium Teknologi Perkantoran dipandu oleh Danang Setyaramadani, M.P.A.. Para peserta diberikan materi teori seputar penggunaan alat-alat yang ada di Lab Teknologi Perkantoran dan Lab Mengetik.

Kunjungan laboratorium dari pihak luar memberikan dampak positif bagi para peserta dan FE UNY. Bagi peserta, kunjungan ini dapat memberikan tambahan pengalaman dan pengetahuan yang belum tentu didapatkan di kelas, sedangkan bagi FE UNY, kunjungan pihak luar tentu akan semakin mengenalkan fakultas dan berbagai manfaat dari layanannya kepada pihak luar. (Putri/fdhl-ed:ekki)