Pengajian dan Buka Bersama 2024: FEB UNY Sampaikan Santunan ZIS kepada Duafa

Pada Rabu (27/3), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar acara pengajian dan buka bersama yang dihadiri oleh lebih dari 200 orang. Para peserta terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, dan perwakilan pengurus organisasi kemahasiswaan di lingkungan FEB UNY. Acara tersebut berlangsung di Musala Al Fatih FEB UNY dan dihadiri oleh segenap pimpinan fakultas.

Dalam sambutannya, Dekan FEB UNY Prof. Dr. Siswanto, M.Pd. menyampaikan acara ini diselenggarakan sebagai sarana meningkatkan ketakwaan, terutama memanfaatkan momentum bulan Ramadhan. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Wakil Dekan Perencanaan, Keuangan, Umum, dan Sumber Daya (PKUSD), Dr. Mustofa, M.Sc., atas laporan pertanggungjawaban Zakat Infaq Shodaqoh (ZIS). Kegiatan sosial tersebut telah diadakan sebelum UNY memulai kegiatan pentasaruhan sosial baru-baru ini, sebagai upaya fakultas dalam melaksanakan prinsip surat Al Ma'un.

Pada kesempatan tersebut, Ustaz Hidayaturrahman, M.Pd memberikan uraian tausiah mengenai pentingnya kesabaran dan ketakwaan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Beliau mengingatkan bahwa setiap orang pasti akan mengalami kematian, dan bahwa kesabaran adalah kunci utama dalam menghadapi ujian hidup. "Sabar ada dalam tiga hal, yaitu dalam menaati perintah Allah, menghadapi kemaksiatan, dan menghadapi musibah, dan ini merupakan hal yang penting untuk dipraktikkan, dan kita latih dalam bulan Ramadhan ini yang merupakan Syahrut Tarbiyah (bulan pendidikan-red)," urainya.

"Dalam hadis Nabi Muhammad saw., disampaikan 'laa taghdhob, walakal jannah', bahwa seseorang yang dapat mengendalikan amarahnya akan mendapatkan surga. Oleh karena itu, di bulan Ramadhan ini, hendaknya setiap individu dapat memaksimalkan waktu untuk meningkatkan kesabaran dan mendekatkan diri kepada Allah," tambahnya.

Sebagaimana disampaikan Dekan FEB, acara tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat dan meningkatkan kualitas spiritualitas bagi seluruh peserta, sehingga memperbaiki kinerja dan produktivitas segenap civitas academica, serta bantuan ZIS yang telah disampaikan diharapkan menjadi amal jariyah yang tercatat sebagai amal baik di sisi Allah SWT dan sekaligus membantu upaya pengentasan kemiskinan. (fdhl)