SMK N 1 Cijulang Berpraktik Simulasi Perkantoran di FEB UNY

Dalam rangka membantu dan memfasilitasi siswa dalam bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis, SMK N 1 Cijulang mengadakan kunjungan industri dan pelatihan Simulasi Perkantoran di Laboratorium Simulasi Perkantoran di Fakultas Ekonomi dan Binsis (FEB) UNY, lalu Rabu (15/5) lalu di Auditorium FEB UNY. Sambutan pembukaan acara disampaikan oleh Koordinator Laboratorium Simulasi Perkantoran Yuliansah, M.Pd, dan perwakilan dari SMKN 1 Cijulang Danang Ariwibowo, S.Pd. kemudian dilanjutkan dengan pelatihan Simulasi Perkantoran di Laboratorium Simulasi Perkantoran FEB UNY dan juga tur laboratorium yang dimiliki oleh program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, yaitu laboratorium Teknologi Perkantoran, laboratorium Kearsipan Digital, laboratorium Mengetik Manual, dan laboratorium Simulasi Perkantoran. 

Penyampaian materi dan pelatihan Simulasi Perkantoran disampaikan oleh dosen Pendidikan Administrasi Perkantoran FEB UNY yaitu Yuliansah, M.Pd dan dibantu oleh asisten laboratorium Pendidikan Administrasi Perkantoran. Selain mendapatkan materi yang disampaikan, siswa SMK N 1 Cijulang juga mempraktikkan secara langsung dan bermain peran seperti melakukan simulasi perkantoran di dunia kerja. 

Setelah melakukan pelatihan Simulasi Perkantoran, siswa merasa puas dengan materi yang disampaikan. “Pelatihan simulasi perkantoran yang dilaksanakan berkesan sekali dan kami jadi mengetahui beberapa alat kantor yang tidak ada di sekolah namun ada di laboratorium FEB UNY ini,” terang salah satu siswa.

Kunjungan industri dan Praktik Pelatihan Simulasi Perkantoran yang dilakukan oleh SMK N 1 Cijulang di bidang keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis diharapkan dapat menjadi bekal bagi para siswa untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan di masa yang akan datang. (ann)