Benchmarking FEIS UIN Suska Riau ke FEB UNY

Rombongan dari Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau berkunjung ke FEB UNY beberapa waktu lalu. Rombongan dipimpin langsung oleh Dekan Dr. Hj. Mahyarni, M.M., dan didampingi sejumlah pejabat dan kaprodi. FEB UNY diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni (AKA), Wakil Dekan Bidang Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi, dan Usaha, Koordinator Program Studi S1 Akuntansi, dan Unit Penjaminan Mutu FEB UNY. Sebagaimana disampaikan Mahyarni, kunjungan ini dimaksudkan untuk mengetahui berbagai hal yang dilakukan untuk menunjang akreditasi Lembaga.

“Kunjungan ini dalam rangka benchmarking tiga program studi kami yang akan diakreditasi. Kami ingin mengetahui bagaimana tata kelola, kurikulum, dan pengembangan-pengembangan yang dilakukan di FEB UNY,” urai Mahyarni.

Wakil Dekan AKA FEB UNY, Dr. Sutirman menerima dengan tangan terbuka rombongan dari Sumatra tersebut. “Mudah-mudahan bisa menjadi wasilah menjalin kerja sama dalam rangka pengembangan institusi masing-masing,” ujar Sutirman.

Dr. Siti Umi Khayatun Mardiyah dari Unit Penjaminan Mutu FEB UNY menegaskan, tantangan akreditasi tidak hanya untuk mendapatkan nilai semata. “Akreditasi tidak sekadar mengumpulkan informasi untuk menjawab kriteria-kriteria standar akreditasi, tetapi juga menjadi bagian kami untuk meningkatkan kualitas pengelolaan institusi,” terangnya.

Umi melanjutkan, FEB UNY telah mendapatkan sejumlah raihan akreditasi yang baik. “Sistem penjaminan mutu internal berjalan dengan baik. Kami selaku unit penjaminan mutu internal memetakan mana instrumen yang berbeda antara LAM (Lembaga Akreditasi Mandiri) dan BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi). Lalu kami dorong setiap prodi untuk melengkapi setiap instrumen,” tambah Umi. (fdhl)