Dosen FEB UNY terlibat dalam Penyelarasan Pendidikan Vokasi dan DUDI

Salah satu tugas pokok Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (MITRAS DUDI) adalah membuat program Penyelarasan Pendidikan Vokasi dengan DUDI. Sebagai implementasi tugas tersebut, Direktorat MITRAS DUDI menggandeng Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta (DRPM UNY) untuk menyusun instrumen penyelarasan. Menurut Koordinator Penyelarasan MITRAS DUDI, Dr. Sulistio Mukti Cahyono, S.E., M.B.A., penyusunan instrumen ini merupakan kegiatan berkelanjutan berdasarkan roadmap Penyelarasan Pendidikan Vokasi yang telah disusun, dan kerjasama dengan UNY telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini juga disampaikan oleh Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T., Direktur DRPM sekaligus ketua tim Penyusunan Instrumen Penyelarasan Pendidikan Vokasi 2024, yang menyampaikan bahwa UNY berkomitmen untuk mendukung penyelarasan Pendidikan Vokasi dan DUDI, dan sekaligus untuk mendukung pelaksanaan Indikator Kinerja Utama (IKU) 3 dan IKU 6 UNY dengan bekerjasama dengan lembaga/institusi pemerintahan.

Eka Ary Wibawa, M.Pd., Sekretaris Tim Penyusun menyampaikan bahwa kegiatan penyusunan instrumen tahun 2024 ini yang merupakan pengembangan dari kegiatan kajian di tahun sebelumnya. Dari kajian penelitian sebelumnya, ditemukan 6 dimensi dalam penyelarasan Pendidikan Vokasi dan DUDI yaitu: kurikulum, pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik, sarana dan prasarana, serta kemitraan untuk tiga satuan Pendidikan Vokasi, yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Perguruan Tinggi Penyelenggara Program Pendidikan Vokasi (PTPPPV), dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP); dan Industri Mitra. 

Lebih lanjut, Eka Ary menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan penyusunan ini melalui beberapa tahapan, yaitu penyusunan instrumen dan panduan pemberian skor, validasi instrumen, dan panduan pemberian skor, uji keterbacaan dan uji coba terbatas, bimbingan teknis penggunaan instrumen, dan uji coba skala luas. Diharapkan melalui kegiatan ini, akan ada keselarasan antara Pendidikan Vokasi yang dilakukan di satuan Pendidikan Vokasi dengan kebutuhan industri, dalam hal ini DUDI. 

Adapun tim dari DRPM UNY terdiri dari Prof. Dr. Samsul Hadi (Direktur DRPM), Dr. Khusni Syauqi, M.Pd. (FV), Eka Ary Wibawa, M.Pd. dan Arum Darmawati, MM (FEB). Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa Program Pascasarjana: Rahmat Darmawan, S.Pd., Yolandaru Septiana, M.Pd., Kartianom, M.Pd., dan Andi Harpeni D., M.Pd.