Kunjungan SMK Ash Shofa: Kearsipan Digital Keterampilan Penting di Era Saat Ini

Fakultas Ekonomi menerima kunjungan dari SMK As - Shofa Tasikmalaya, Selasa (18/10). Kunjungan ini dihadiri oleh 25 siswa dan siswi dari jurusan Akuntansi dan 7 guru pendamping untuk mengikuti praktik pembelajaran mengelola dokumen digital di Laboratorium Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY. Dalam sambutannya, Kepala Sekolah SMK As-Shofa, Undang Faojudin, S.Ag, M.Pd., menyampaikan bahwa para siswa memang diajak untuk mengunjungi sejumlah perguruan tinggi dan mendapatkan pengalaman serta wawasan di luar kelas. Sementara Ketua Jurusan Pendidikan Administrasi, Dr. Rosidah, M.Si., menyampaikan pelatihan ini memang kelihatannya tidak berhubungan bidang studi. “Tetapi sebenarnya keterampilan dan kemampuan pengelolaan arsip secara digital sangat diperlukan dalam dunia perkantoran saat ini dan masih relevan dengan bidang akuntansi,” ucapnya.

Siswa siswi SMK As-Shofa Tasikmalaya mengikuti praktik pembelajaran mengelola dokumen digital di Laboratorium Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY yang dipandu oleh dosen Danang Setya Ramadhani, S.Pd. M.P.A dan dibantu oleh para asisten laboratorium (aslab) Pendidikan Administrasi Perkantoran. Praktik ini menjelaskan mengenai serba-serbi arsip, bagaimana cara penyimpanannya, dan apa pentingnya melakukan pengelolaan dokumen atau arsip secara digital. Selain pemaparan materi, siswa siswi SMK As-Shofa Tasikmalaya mendapatkan kesempatan praktik penyimpanan arsip digital menggunakan scanner dan kemudian mempraktekkan cara penyimpanan arsip digital menggunakan sistem subjek.

Siswa-siswi SMK As-Shofa Tasikmalaya sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti rangkaian kegiatan praktik pembelajaran mengelola dokumen digital. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ke depannya mereka dapat lebih memahami bagaimana pentingnya mengelola dokumen atau arsip secara digital di era saat ini. “Semoga kunjungan laboratorium ini dapat memberikan dampak positif dan kebermanfaatan bagi kita semua,” pesan Rosidah. (ed-fdhl/ekki)