Ruzita Jusoh Pahamkan Mahasiswa Implementasi Penganggaran Sektor Swasta dan Publik

Kegiatan visiting professor melalui program Equity UNY di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNY mengundang Prof. Ruzita Binti Jusoh dari Universiti Malaya untuk mata kuliah Penganggaran Bisnis pada Senin s.d. Rabu 20-22 Mei 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Gedung Perkuliahan Magister dan Doktor (PMD) FEB UNY lantai 2 dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman dalam bidang penganggaran bisnis dan praktik kerja di perusahaan bagi mahasiswa program studi (prodi) Akuntansi FEB UNY di semester 4. Program ini merupakan kegiatan visiting professor equity UNY yang diselenggarakan Prodi Akuntansi, Departemen Pendidikan Akuntansi FEB UNY. 

Kegiatan kuliah umum ini melibatkan mahasiswa S1 dan magister Akuntansi untuk berdiskusi dengan Prof. Ruzita terkait topik penganggaran di bidang sektor publik agar mahasiswa dapat mengetahui tantangan dalam penyusunan anggaran di sektor publik.Ruzita Jusoh

Penganggaran modal yang disampaikan oleh Prof. Ruzita menjadi bentuk penganggaran yang membantu dalam pengambilan keputusan jangka panjang untuk investasi dalam proyek dan program kerja. Penganggaran modal menjadi sebuah alat untuk memfokuskan proyek atau program untuk beberapa tahun. Terdapat 6 tahap dalam penganggaran modal yaitu identifikasi, menggali, tahapan informasi dan akuisisi, tahap seleksi, tahap keuangan, dan tahap implementasi dan pengendalian. 

Prof Ruzita juga memaparkan metode dalam penganggaran modal yaitu Net Present Value (NPV), IRR Internal Rate of Return (IRR), Payback Period, dan Accrual Accounting Rate of Return (AARR). Hal ini akan membantu mengukur waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh kembali kas di masa depan dan memilih proyek yang lebih menguntungkan. (fitria)