SMK Budi Mulia Praktikkan Simulasi Perkantoran

SMK Budi Mulia Tangerang mengadakan kunjungan ke Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka mengikuti praktik pembelajaran simulasi perkantoran di laboratorium Departemen Pendidikan Administrasi FEB UNY Kamis (12/01) lalu. Kegiatan kunjungan ini diikuti oleh 57 siswa/i dari jurusan Akuntansi serta Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran bersama dengan 4 orang guru pendamping. Kunjungan diawali dengan acara penyambutan dan pembukaan oleh pihak Departemen Pend. Administrasi UNY di Auditoriom FEB UNY, lalu diakhiri dengan serah terima kenang-kenangan dari SMK Budi Mulia Tangerang.

 

Setelah acara pembukaan dan penyambutan tersebut, siswa/i SMK Budi Mulia diarahkan menuju Laboratorium Simulasi Perkantoran untuk memulai kegiatan pelatihan.  Siswa dibagi menjadi 2 kloter untuk mengikuti kegiatan pelatihan simulasi perkantoran. Kegiatan pelatihan dipandu oleh Koordinator Lab Departemen Pendidikan Administrasi Yuliansah, S.Pd., M.Pd. dan dibantu oleh asisten laboratorium. Praktik Simulasi Perkantoran memberikan siswa situasi yang menyerupai pekerjaan di dunia perkantoran. Pelatihan diawali dengan penjelasan terkait skenario atau jalan cerita kegiatan simulasi perkantoran. Jalan cerita pelatihan praktik simulasi perkantoran dilakukan dengan kegiatan rapat luring di ruang rapat secara langsung, rapat daring melalui platform zoom meeting, dan proses penanganan surat masuk dan surat keluar. Peserta diberikan masing-masing peran dengan menduduki suatu jabatan yang nantinya diperagakan sesuai dengan lab sheet yang telah disediakan sehingga para peserta mendapatkan pengalaman dan pembelajaran sesuai dengan jalan cerita yang telah disampaikan seperti bekerja pada sebuah perusahaan.

 

Para siswa SMK Budi Mulia Tangerang yang mengikuti kegiatan pelatihan praktik simulasi perkantoran tersebut berani bertanya dan berusaha melaksanakan praktik simulasi perkantoran dengan baik sesuai arahan yang telah diberikan. Yuliansah berharap, dengan adanya kegiatan praktik ini diharapkan para siswa mendapatkan sebuah pengetahuan dan pengalaman baru serta lebih dapat memahami mengenai kegiatan rapat luring, daring, dan menangani surat masuk dan surat keluar yang menjadi kegiatan umum yang selalu dilakukan dan diimplementasikan ketika bekerja dalam suatu perusahan. (ed/fdhl-ed:lia)