Michigan State University Jajaki Jalinan Kemitraan dengan FEB UNY

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNY menerima kunjungan delegasi Michigan State University (MSU) Amerika Serikat, Jumat (24/3) lalu. Kunjungan ini merupakan rangkaian dari penjajakan kerja sama antara UNY dan MSU. Empat orang pengajar dari MSU yaitu Samantha Caughlan, Ph.D., Dr. Nancy Romig, Dr. Gail Richmond, dan Dr. Alyssa Morley berkunjung ke empat fakultas di UNY. Dalam kunjungannya ke FEB, Samanta Caughlan diterima oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, Wakil Dekan Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi, dan Usaha, serta para Ketua Departemen dan perwakilan dosen di FEB UNY. Selain itu, acara juga dihadiri 5 mahasiswa yang sedang mengikuti Praktik Kependidikan.

Di FEB UNY, Caughlan mengunjungi sejumlah kelas bidang kependidikan guru. Dalam kelas-kelas tersebut, Caughlan melakukan observasi tentang kegiatan belajar mengajar yang saat itu berlangsung. Sesekali Caughlan bertanya kepada dosen pendamping yaitu Budi Tiara Novitasari, M.Si., dan Arum Darmawati, M.M., jika ada hal yang belum diketahuinya dalam proses belajar mengajar itu.

Selain sesi observasi, MSU juga mengadakan diskusi bersama mahasiswa magang Praktik Kependidikan. Caughlan bertukar pikiran dengan para dosen dan juga mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan Praktik Kependidikan. "Menarik untuk mengetahui bagaimana UNY menyiapkan mahasiswanya menjadi guru yang baik. Di samping itu, saya juga ingin tahu bagaimana para mahasiswa dibimbing selama proses praktik mengajar di sekolah," ujarnya.

Ketua Departemen Pendidikan Akuntansi, Ani Widayati, M.Pd., Ed.D., menyampaikan bahwa mahasiswa dipersiapkan dengan maksimal. "Sebelum mengajar di sekolah, para mahasiswa diberikan materi-materi pedagogik serta etika kependidikan. Selain itu, mereka juga harus mengikuti micro-teaching dengan teman sekelas dalam kelompok kecil," urai Ani.

Senada dengan itu, para mahasiswa juga menyampaikan bahwa kampus telah menyediakan fasilitas dan materi yang dibutuhkan untuk menyiapkan mereka menjadi guru. Mereka juga mendapatkan bimbingan dari dosen dalam beberapa pertemuan selama berpraktik di sekolah, di samping bimbingan dari guru pengampu. 

Para delegasi MSU disambut secara resmi di gedung rektorat oleh para pimpinan di lingkup UNY. Rektor dan Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UNY turut memberikan pidato sambutannya. Ketua MWA UNY, Prof. Suyanto, Ph.D., bukan sosok asing bagi MSU karena guru besar FEB UNY ini juga merupakan salah satu alumnus MSU dan salah satu penerima penghargaan alumni terbaik MSU (Distinguished International Alumni Award) di tahun 2019. (fdhl-ed:lia&ekki)