STBA LIA Berlatih Skenario Perkantoran di FEB UNY

Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) LIA Yogyakarta mengadakan kunjungan ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta (FEB UNY) dalam rangka membantu dan memfasilitasi mahasiswa D III Bahasa Inggris untuk mengikuti praktik pembelajaran simulasi perkantoran dan kesekretariatan di laboratorium Simulasi Perkantoran Departemen Pendidikan Administrasi FEB UNY, Kamis (06/06) lalu. Kegiatan kunjungan ini diikuti oleh 17 mahasiswa Program Studi D III Bahasa Inggris STBA LIA Yogyakarta dan 1 orang dosen pendamping, yaitu Ivan Tinarbudi Gavinov, S.Pd., M.T.

Pelatihan simulasi perkantoran dan kesekretariatan dipandu oleh Koordinator Laboratorium Simulasi Perkantoran Departemen Pendidikan Administrasi yaitu Yuliansah, S.Pd., M.Pd. dan dibantu oleh para asisten laboratorium. Mahasiswa D III Bahasa Inggris diberikan skenario yang menyerupai dengan pekerjaan di dunia perkantoran untuk mempersiapkan mereka dalam menghadapi situasi kerja yang sesungguhnya. Pelatihan praktik simulasi perkantoran ini dibagi menjadi 3 kegiatan, yaitu rapat luring di ruang rapat secara langsung, rapat daring melalui zoom meeting, dan pengelolaan surat masuk dan surat keluar. Masing-masing mahasiswa diberikan peran yang berbeda-beda untuk menduduki suatu jabatan yang nantinya akan dipraktikkan sesuai dengan lab sheet yang telah disediakan.

Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan mahasiswa dari Prodi D III Bahasa Inggris STBA LIA Yogyakarta akan memperoleh pengalaman dan pembelajaran baru sehingga mereka dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan yang dimilikinya di masa sekarang maupun masa yang akan datang. (ann)