English
Bahasa Indonesia
You are here
Dosen FEB UNY Raih Gelar Doktor dengan Penelitian Konstruk Technopreneurial Leadership

Dosen Departemen Pendidikan Akuntansi, Eka Ary Wibawa, M.Pd., meraih gelar doktor bidang Pendidikan Teknik dan Kejuruan dengan mempertahankan disertasinya yang berjudul “Konstruk Technopreneurial Leadership Dalam Pengelolaan Sekolah Menengah Kejuruan Berstatus Badan Layanan Umum Daerah” di Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Dewan penguji dalam ujian terbuka ini terdiri dari Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., AIFO (Ketua Penguji), Dr. Sutirman, M.Pd. (Sekretaris Penguji), Prof. Dr. Mochamad Bruri Triyono, M.Pd. (Promotor), Prof. Dr. Siswanto, M.Pd. (Kopromotor), Dr. Sulistio Mukti Cahyono, M.B.A. (Penguji Eksternal dari Kemendikbud), serta Prof. Dr. Wagiran, M.Pd. (Penguji Utama 2).
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan model kepemimpinan baru yang mampu menjawab tantangan pengelolaan SMK BLUD di era digital. Technopreneurial leadership dipandang sebagai solusi strategis untuk mengintegrasikan kemampuan manajerial, kewirausahaan, dan literasi teknologi agar SMK BLUD dapat mandiri, adaptif, dan relevan dengan tuntutan industri.
Dalam proses penelitian, Eka Ary Wibawa menggunakan metode mixed methods dengan desain sequential exploratory. Tahap kualitatif dilakukan melalui wawancara, observasi, FGD, dan studi dokumen di sejumlah SMK BLUD, sedangkan tahap kuantitatif menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA) untuk menguji validitas dan reliabilitas konstruk yang dirumuskan.
Hasil penelitian menghasilkan konstruk technopreneurial leadership yang terdiri dari lima dimensi utama, yakni Adaptif Strategis, Mindset Tefapreneur, Mindset Wirausaha, Literasi Teknologi, dan Manajemen Proaktif. Konstruk ini terbukti valid secara empiris serta dinilai mampu mendukung kemandirian sekolah, pengembangan teaching factory, dan peningkatan kualitas lulusan agar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa technopreneurial leadership tidak hanya penting bagi kepala sekolah, tetapi juga bagi pengelola BLUD dan ketua kompetensi keahlian. Dengan kepemimpinan berbasis teknologi dan kewirausahaan, SMK BLUD berpotensi meningkatkan layanan pendidikan, memperkuat daya saing, serta menjawab tantangan disrupsi teknologi di dunia pendidikan kejuruan.
Penelitian ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya tujuan ke-4 Quality Education dan tujuan ke-8 Decent Work and Economic Growth. Melalui penguatan technopreneurial leadership di SMK BLUD, penelitian ini mendukung terciptanya pendidikan berkualitas yang inklusif dan relevan dengan industri, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan wirausaha berbasis teknologi di lingkungan pendidikan. (fdhl)

Contact Us
Copyright © 2025,